Sabtu, 06 Juli 2019

Hidroponik Untuk Kemajuan Pertanian Negeri


Hidroponik Pontianak - Cara bercocok tanam dengan sistem hidroponik beberapa tahun ini mendapat sambutan yang cukup baik. Beberapa praktisi hidroponik, baik yang skala rumahan atau hoby, skala komersil dan industri terus bermunculan. Termasuk di Kota Pontianak, ibu kota dari provinsi Kalimantan Barat. Bahkan beberapa inisiator (di kota Pontianak) mulai menjadi praktisi hidroponik sejak usia belia.

Setidaknya ada beberapa faktor yang membuat produk sayuran hidroponik terus berkembang. Pertama, yaitu jumlah permintaan sayuran secara umum di perkotaan yang masih cukup besar. Tentu saja tidak semua kota mengalami hal ini. Contohnya kota-kota kecil yang luas lahan pertaniannya (konvensional) masih dapat mengimbangi jumlah penduduk sekitar. Namun pada umunya perkotaan memiliki problem yang sama, yaitu pada pemenuhan kebutuhan pangan termasuk sayuran.

Kedua, yaitu aplikasi sistem yang efisien. Pada dasarnya hidroponik merupakan sebuah kemajuan dalam bidang pertanian. Hidroponik pada pengaplikasiannya tidak memerlukan upaya yang cukup ekstra, terutama dalam aspek pengolahan lahan, kontrol kebutuhan nutrisi, dan penyiraman seperti pada pertanian konvensional. Karena dalam sistem hidroponik ketiga hal tersebut dilakukan sekaligus dan efisien, yaitu pada sistem pengairannya. Artinya, petani hanya perlu mengontrol kualitas air dan sistem pengairan.



Ketiga, yaitu tidak ketergantungan kondisi tanah. Hidroponik bisa diterapkan di bebagai kondisi lahan. Baik lahan itu gambut, tanah keras, atau lahan bebatuan dan semen. Sedangakan pada pertanian konvensional, masih sangat ketergantungan pada kondisi lahan. Seperti di Kota Pontianak yang kebanyakan adalah lahan gambut, maka hanya beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik.

Hal itu pula yang membuat hidroponik diminati di perkotaan. Sistem hidroponik dapat memenuhi hasrat bertanam orang-orang kota yang sebelumnya hanya bisa mereka lakukan di tanah. mereka bisa menanam sayur di pekarangan rumah, lahan bersemen, dan di atas atap sekalipun. Bahkan, dalam salah satu video dokumenter di Inggris memperlihatkan pembudidayaan tanaman hidroponik di bunker-bunker bawah tanah sisa-sisa perang dunia ke 2. Kelebihan ini yang membuat sistem hidroponik lebih kompetitif di perkotaan.

Jika boleh berprediksi maka bukan tidak mungkin sistem hidropoik ke depan akan menjadi sistem unggulannya para petani. Penulis yang sekaligus merupakan praktisi hidroponik di Borneo Hidroponik Pontianak memiliki harapan besar akan kemajuan pertanian serta kemandirian pangan negeri ini. Dan semoga hidroponik memberikan peran yang besar pada cita-cita tersebut.[]
Keyword: Hidroponik Pontianak, Toko Hidroponik Pontianak, Rumah Hidroponik Pontianak, Rumah Hidroponik Pontianak Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Toko Hidroponik di Pontianak, Komunitas Hidroponik Pontianak, Hidroponik Pontianak Kota Pontianak, Alamat Hidropoik Pontianak, Bibit Tanaman Hidroponik Pontianak, Budidaya Hidroponik di Pontianak, Hidroponik Kota Pontianak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar