Minggu, 07 Juli 2019

Tips Sukses Bertanam Hidroponik Maupun Konvensional

 
Hidroponik Pontianak - Bertanam dengan cara hidroponik tidaklah begitu sulit jika ditekuni dengan baik, sama halnya dengan pertanian konvensional. Tipsnya suksesnya adalah: tidak hanya mempelajari sistem tanamnya (red: hidroponik atau konvensional) saja, tapi juga mempelajari karakter tanaman.

Setiap tanaman memiliki karakteristiknya masing-masing. Tanaman sawi-sawian (sayur daun) misalnya berbeda dengan tanaman tomat yang menghasilkan buah. Sawi-sawian pada dasarny lebih banyak memerlukan unsur nitrogen untuk perkembangan daunnya. Berbeda halnya dengan kebutuhan tanaman buah yang lebih membutuhkan unsur fospor dan kalium pada fase bunga dan pembuahan.


Bahkan antar jenis sayuran daun itu sendiri pun kadang membutuhkan kadar pemenuhan nutrisi dan perlakuan yang berbeda. Inilah yang terus digali oleh praktisi tanaman hingga sekarang. Dengan memahami karakteristik tanaman masing-masing tentu saja para petani bisa menentukan treatmen yang tepat terhadap tanaman, hingga hasil pertanian dan perkebunan pun bisa menjadi lebih maksimal.

Setidaknya ada beberapa hal yang dibahas terkait karakteristik tanaman. Diantaranya:
  • Kebutuhan nutrisi
  • Kondisi lahan atau media tanam (tanah, air dll)
  • Kelembapan
  • Sinar matahari
  • Cuaca atau iklim 
  • Curah hujan

Faktanya, informasi terkait karakteristik tanaman ini memang masih minim didapatkan oleh para petani di negeri ini. Sedangkan kebutuhan akan pangan harus terus menerus dipenuhi. Petani dan pekebun di negeri ini kebanyakan masih memperlakukan tanaman dengan bermodalkan insting dan pengalaman bertaninya masing-masing. Jika ditemukan masalah, misalkan lahan pertanian harus pindah ke lahan baru, atau sebagainya, dan berdampak pada minimnya produktivitas maka tentu saja petani akan mengalami kebingungan. Alhasil, semangat bertanipun menurun.

Para petani tentu saja berharap progres yang positif terhadap penelitian dan pengembangan di bidang pertanian. Terutama terkait dengan karakteristik tanaman ini agar dapat dirumuskan dan disosialisasikan dengan baik. Sehingga para petani dan pekebun selalu bersemangat untuk produktif.[]

Keyword: Hidroponik Pontianak, Toko Hidroponik Pontianak, Rumah Hidroponik Pontianak, Rumah Hidroponik Pontianak Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Toko Hidroponik di Pontianak, Komunitas Hidroponik Pontianak, Hidroponik Pontianak Kota Pontianak, Alamat Hidropoik Pontianak, Bibit Tanaman Hidroponik Pontianak, Budidaya Hidroponik di Pontianak, Hidroponik Kota Pontianak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar